Siap Bersaing, Batik Teratai Muratara  Akan Terus Berinovasi 

PALEMBANG,BS - Beragama batik dengan kualitas yang baik terus dibuat oleh para pengrajin namun tetap mengutamakan ini khas daerah masing-masing, salah satunya batik teratai asli milik daerah Kabupaten Muratara. 

Batik teratai ditampilkan oleh para model yang sudah didesain oleh para desainer pada Pembukaan Rakor PKK dan Rakerda Dekranasda tahun 2023 kemarin di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang.

"Alhmadulilah salah satu batik kita dengan nama batik teratai tidak kalah dengan batik daerah lain, seluruh kabupaten kota se Sumsel menampilkan produk batiknya masing-masing dan kita Muratara punya batik teratai,"kata Ketua TP PKK Kabupaten Muratara Hj Rita Suryani, Jumat 9 maret 2023.

Menurut Anggota DPRD Sumsel Fraksi PDI Perjuangan inibahwa dalam beberapa tahun terakhir kreasi batik khas Muratara semakin beragam tetapi tetap berpegang pada philosofi batik asli daerah Muratara. 

"Para pengrajin batik semakin kreatif dalam membuat batik namun tetap mengutamakan philosofi daerah, sehingga batik asli Muratara tetap diutamakan,"kata Rita.

Ia berharap dan mendorong para pengrajin di Muratara akan semakin inovatif, kreatif dan berkualitas dalam membuat batik, sehingga batik  Muratara semakin dikenal baik di Sumsel maupun nasional.

"Batik kita sudah dipasarkan scara nasional, kualitasnya sudah sangat baik sedangkan harganya kami rasa sangat terjangkau bagi pecinta batik,"kata dia.

Rita sendiri sebagai pencetus batik teratai asli Muratara.

Sebelumnya,Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, setiap tahun pada kegiatan ini yang ditampilkan adalah khas industri asli Sumsel yang dikreasikan dan dimodifikasi menjadi pakaian tertentu sehingga menjadi lebih cantik dan indah.

Menurutnya, Dekranasda adalah etalase dari semua industri kecil dengan karya-karya yang dibuat masyarakat. Sehingga karya yang selama ini terpendam menjadi muncul.

“Saya harap Bupati /Walikota bersama dekranasda kab/kota juga menyediakan sebuah etalase yang menampilkan berbagai macam karya khas daerahnya dalam satu tempat untuk dikunjungi oleh siapapun sehingga dapat dikenal secara meluas,”ujarnya.(suh)

Category: Pemerintah
author
No Response

Leave a reply "Siap Bersaing, Batik Teratai Muratara  Akan Terus Berinovasi "