TMMD 114. MIMPI JADI KENYATAAN,EKONOMI MENINGKAT TERIMA KASIH BAPAK TNI

Antusias dan semangat  Masyarakat Desa Sungai Naik Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin menyambut datangnya bapak TNI didesanya dalam rangka TNI Manunggal membangun Desa TMMD ke 114 Tahun 2022
 
TMMD Ke 114 di buka langsung Bapak Bupati Banyuasin H.Askolani Jasi, SH., MH pada tanggal 26 Juli 2022 dengan tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI".
 
Tema tersebut sejalan dengan kegiatan yang dilaksanakan di Desa Sungai Naik Kec. Rantau Bayur Kab. Banyuasin yang membuka akses jalan antara desa Sungai Naik menuju Desa Talang Kemang melewati Desa Air Putih yang sebelumnya harus menempuh waktu kurang lebih 1 Jam, namun dengan adanya jalan baru tersebut kini bisa dilalui kendaraan roda empat dalam waktu 10 menit. 
 
Bapak Erlan selaku Kepala Desa  Sungai Naik saat ditemui menyampaikan " Saya selaku Kades dan perangkat desa beserta masyarakat Desa Sungai naik siap membantu dan bergotong royong mensukseskan kegiatan TMMD Tahun 2022, kami sangat berterima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0430/BA yang telah melaksanakan TMMD didesa sungai Naik, dengan adanya kegiatan pembukan jalan dari Desa sungai naik ke Desa Talang kemang sepajang kurang Lebih 6,5 KM, membuat akses jalan masyarakat lebih dekat".
 
Lebih lanjut Erlan mengatakan dulu kalau mau kedesa talang kemang butuh satu jam Lebih perjalanan, sekarang dengan dibukanya jalan oleh Satgas TMMD Ke 114 Tahun 2022 dapat ditempuh dengan waktu hanya sepuluh menit sudah sampai kedesa talang kemang,ini mimpi jadi kenyataan yang dulu jalan setapak yang hanya bisa dilalui kendaraan bermotor sekarang bisa dilalu kendaraan mobil, terima kasih Bapak TNI dari Kodim 0430/ Banyuasin, Ini sudah lama kami selaku masyakat mengharap adanya jalan penghubung antar desa yang lebih dekat, dengan adanya jalan ini dapat mempermudah akses kami dalam segala kegiatan. Pembukaan jalan baru yang penghubungkan dua desa tersebut sangat membatu masyarakat dalam meningkatkan dan memperlancar roda perekonomian warga desa kami yaitu unruk mengurangi biaya angkutan dalam pengiriman hasil kebun karena masyarakat kami mayoritas adalah bertani dan berkebun, jadi inilah hal yang sangat membantu dan penting bagi kami di sini,”ujarnya
 
Lebih lanjut senada dengan pak Kades, ibu Ida yang sehari hari bekerja sebagai guru Taman Kanak-kanak mengatakan ucapan terimah kasih kepada bapak TNI, yang telah membuka Akses jalan antara desa Sungai naik dan desa Talang kemang, dengan dibukanya jalan ini mempersingkat jarak, meningkatkan roda perekonomian masyarakat, dimana masyarakat disini kebayakan bekerja sebagai petani,
 
Ibu idah juga mengatakan " Saya hampir setiap minggu ke Desa Talang Kemang, sebelum ada jalan yang dibangun Satgas TMMD, saya harus memutar jalan memakan waktu sampai satu jam lebih. Dengan adanya jalan yang baru dibuka oleh Satgas TMMD cukup waktu sepuluh menit untuk sampai ke Desa Talang Kemang, saya mewakili warga desa Sungai Naik mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI, jalan ini sangat bermanfaat buat roda perekonomian warga" ujarnya.
 
TMMD 114 juga membuat MCK dan sumur bor, hal ini memang sangat dibutujkan oleh masyarakat untuk mendapatkan air bersih. " Kami sangat berterimah kasih, dengan dibangunnya sarana sumur Bor bisa membantu masyarakat mendapatkan air bersih, semoga apa yang dilakukan bapak Satgas TMMD ke-114 didesa kami dapat bermanfaat buat kami dan kami akan merawat dan menjaganya" tutur pak Dedy salah satu warga Desa Sungai Naik. 
 
Letkol Czi Agus Suawanto,S.T.,M.I.P (Dandim 0430/BA) menegaskan kepada sumua pihak " TMMD ini merupakan kegiatan program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah Kabupaten Banyuasin, sehingga dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan selain melibatkan prajurit TNI juga melibatkan masyarakat Desa Sungai Naik yang secara serius dan semangat untuk bekerjasama bahu membahu terus dapat dilaksanakan dengan baik sehingga program ini dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan".
 
Lebih lanjut Dandim 0430/Banyuasin mengatakan "Kondisi medan yang sulit untuk merintis jalan maupun kegiatan pembangunan lain tidaklah menjadi penghalang Satgas TMMD, hal ini terlihat dengan tidak kenal lelah dan pantang menyerah mereka mengedepankan semangat gotong royong yang terjalin bersama seluruh lapisan masyarakat setempat untuk terus bekerja melakukan pembangunan" ujarnya.
 
TMMD ke 114 meliputi kegiatan Fisik dan Non Fisik, Kegiatan Fisik yaitu Pembukaan Jalan sepanjang 6,5 Km, sasaran fisik ini meliputi Land Clearing badan sepanjang 6,5 KM, penyiapan badan jalan sepanjang 6,5 KM, Pembuatan Gorong-Gorong diameter 80 CM dan panjang 5 M sebanyak 3 unit, Pembuatan jembatan 9×3 meter sebanyak 2 unit, dan Pemasangan Plat Deuker 1 unit,
 
"Lebih lanjut, untuk sasaran non fisik tentunya tidak kalah pentingnya untuk kita laksanakan di lokasi TMMD,  mengingat kondisi masyarakatnya yang mayoritas petani perlu wawasan dan pengetahuan sehingga mereka tidak gagal paham dalam bermasyarakat dan berbangsa. Adapun kegiatan non fisik yang kita laksanakan tersebut meliputi  Penyuluhan Kesehatan, Penyuluhan wawasan Kebangsaan dan bela negara, penyuluhan agama, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan hukum dan Narkoba serta tentang paham radikal, penyuluhan stanting dan covid 19. Pada kesempatan ini saya mengharapkan seluruh warga desa sungai Naik di Kecamatan Rantau Bayur dan sekitarnya kiranya dapat mengikuti dengan baik sehingga ilmu yang disampaikan nanti akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari ". ucap Letkol Czi Agus Suwanto.
 
Kegiatan TMMD ke-114 TA.2022 Kodim 0430/Banyuasin dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu sehingga pada tanggal 24 Agustus 2022 dapat dilaksanakan Upacara Penutupan dengan Tema 
" TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI".
Selaku Inspektur Upacara Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr. (han)
Category: Banyuasin
author
No Response

Leave a reply "TMMD 114. MIMPI JADI KENYATAAN,EKONOMI MENINGKAT TERIMA KASIH BAPAK TNI"