IP200 Banyuasin Panen 8 Ton Per Hektar

0 190

 

IP200 Banyuasin Panen 8 Ton Per Hektar

Banyuasin Rp , - Sungguh Hebat sekali Mungkin Hanya di Banyuasin Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH melaksanakan Panen Raya Sawah Rawah Lebak Padi Potensi IP200 di Bantaran Sungai Musi Desa Semuntul Kecamatan Rantau Bayur, Jumat (14/10).

Dalam sambutannya Bupati Askolani mengatakan, sangat gembira dapat melakukan silaturahmi bersama para petani di Desa Semuntul Kecamatan Rantau Bayur. Sektor pertanian merupakan salah satu program unggulan Bupati dan Wabup dari 7 (tujuh) program prioritas yaitu Petani Bangkit.

 

Potensi lahan lebak di Kabupaten Banyuasin berdasarkan data statistik seluas 28.539 Ha dan realisasi tanamnya seluas 31.269 Ha, sehingga pencapaian IP 200 hanya seluas 4.737 Ha atau 1.1 persen. Khusus kecamatan Rantau Bayur luas lahan lebak 16.437 Ha dan yang sudah mulai panen IP 200 baru Ha yang akan kita panen pada hari ini dari proyeksi target 1.716 Ha.

“Melalui momentum hari ini saya harapkan lahan rawa lebak khususnya Kecamatan Rantau Bayur dapat berkontribusi terhadap peningkatan produksi baik peningkatan indeks pertanian (IP) dan produktivitas di Kabupaten Banyuasin,” katanya.

 

Dilanjutkan Bupati melihat potensi pengembangan tanaman padi di Kecamatan Rantau Bayur, serta pontensi produktivitas hasil ubinan sebesar 8,22 ton GKP/Ha atau setara 7,05 ton GKG/Ha. Dengan ini mengajak bapak dan ibu pelaku usaha tani di Desa Semuntul untuk memulai dan membiasakan gerakan tanam IP200.

Tentunya untuk mendukung program swasembada pangan maka pemerintah Kabupaten Banyuasin bekerjasama dengan pemerintah pusat dan provinsi pada tahun 2022 memprogramkan peningkatan produksi padi dan jagung sasaran luas tanam padi seluas 248.109 hektar dan jagung seluas 37.214 hektar.

 

“IP 200 sawah rawa lebak padi bantaran sungai Musi pertama kali kita lakukan project dari Kabupaten Banyuasin, ternyata hasil uji cobanya berhasil dan memuaskan dan tidak pernah kita kira IP 200 di Desa Semuntul bisa menghasilkan 8,22 ton ini merupakan kesatuan yang bagus kedepannya kita akan prioritas dan fokuskan untuk IP 200, biasanya dirawah pasang surut maksimal hanya 4-5 ton,” ujarnya.(san)

Category: Advetorial, Banyuasin, Daerah, Ekonomi, Kota, Musi Banyuasin, Nasional, Olahraga, Palembang, Pemerintah, Politik, Popular Posts, Sumsel, Terkini, Travelling, Uncategorized
author
No Response

Leave a reply "IP200 Banyuasin Panen 8 Ton Per Hektar"